Nah Loh Buat yang Suka Mager, Ini Dia Penyakit yang Akan Mengintai Jika Harimu Hanya Diisi dengan Bermalasan

Pesona Moderato FM Madiun

Nah Loh Buat yang Suka Mager, Ini Dia Penyakit yang Akan Mengintai Jika Harimu Hanya Diisi dengan Bermalasan

Bermalas-malasan, tidak melakukan aktivitas berarti, dan hanya duduk nonton TV sambil ngemil memang menyenangkan. Namun, tetap saja segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan bisa menimbulkan bahaya untuk kesehatanmu. Begitu pula dengan aktivitas bermalas-malasan atau yang dikenal dengan istilah couch potato.

Ternyata ada beberapa penyakit yang bisa mengintai kesehatan mereka yang suka bermalas-malasan, lho. Apa saja? Ini dia penjelasannya.

Kegemukan
Saat kamu berdiri selama 1 menit, maka 1 kalori akan terbakar. Sehingga jika kamu berdiri selama sejam, 60 kalori pun akan hilang. Nah, jika kamu mengganti aktivitas berdiri itu dengan duduk, maka bisa dibayangkan bahwa kalori dalam tubuhmu akan menumpuk dan menempatkanmu pada risiko tinggi untuk terkena kegemukan.

Hilangnya kekuatan otot
Saat duduk, otot jadi melemah karena aktivitas di otot akan berkurang. Dan jika kamu duduk terus-menerus, maka kekuatan otot pun jadi hilang.

Naiknya kolesterol
Saat tubuhmu menggemuk akibat keseringan duduk, maka LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh meningkat dan timbul resistensi insulin. Hal ini berakibat dengan meningkatnya kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

Meningkatnya risiko kanker
Tahukah kamu bahwa duduk selama 2 jam per hari bisa meningkatkan risiko kanker usus besar hingga 8%? Juga, risiko kanker endometrium bisa meningkat sebesar 66% pada mereka yang sering menghabiskan waktu hanya dengan duduk.

Tulang jadi lemah
Selain membuat otot lemak, tulang juga bisa melemah jika kamu banyak duduk karena berkurangnya kandungan mineral di tulang.

Penyebab penyakit jantung
Mereka yang doyan bermalas-malasan ternyata memiliki peningkatkan risiko untuk terkena serangan jantung dan stroke. Hal ini terjadi karena komplikasi penyakit yang diakibatkan seringnya kamu duduk.

Menurunnya kemampuan untuk mengingat
Bermalas-malasan juga bisa membawa dampak buruk pada kemampuanmu untuk mengingat. Penelitian melaporkan bahwa orang yang sering duduk menjadi semakin sering bingung dan sulit untuk berkonsentrasi.

Melemahnya sistem kekebalan tubuh
Jarangnya melakukan suatu aktivitas yang berarti, bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah begitu pula sel-sel dalam tubuh yang berfungsi untuk mencegah bakteri dan virus.

Penyebab ketidakseimbangan hormon
Sering bermalas-malasan juga menjadi salah satu penyebab ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon ini meliputi hot flashes, nyeri sendi, menstruasi yang tidak teratur, stres berlebih, dan seringnya kamu sakit.

Sirkulasi darah memburuk
Saat kamu duduk selama berjam-jam tanpa bergerak, tubuh tak bisa mengalirkan darah secara efisien hingga kemudian menyebabkan penyumbatan di arteri. Kamu bisa mengalami mati rasa, kram yang menyakitkan, hingga terjadinya penggumpalan darah.

Soo, sebagai generasi zaman now yuks gaes lakukan hal-hal positif agar tubuh sehat dan bisa memberikan manfaat untuk orang lain…

 

Sumber : www.merdeka.com

Have your say