Situs, Aplikasi, Whatsapp Informasi Covid-19 yang Bisa Diakses

Pesona Moderato FM Madiun

Situs, Aplikasi, Whatsapp Informasi Covid-19 yang Bisa Diakses

Pemerintah pusat melalui Badan Penanggulangan Bencana Nasional resmi meluncurkan website resmi untuk memberi informasi mengenai virus corona yang menyebabkan Covid-19 di Indonesia.
Selain itu, pemerintah daerah dan sejumlah elemen masyarakat juga ikut memberikan sumbangsih memberikan informasi seputar virus corona.

Berikut beberapa situs dan aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari informasi seputar hal tersebut.

1.Website Corona nasional

Website buatan anak buah Presiden Joko Widodo, yakni https://www.covid19.go.id memuat berbagai informasi Covid-19 secara nasional.
BNPB selaku pengelola website secara berkala memperbarui data jumlah orang Indonesia yang positif terinfeksi Covid-19. Selain itu, mereka juga menampilkan data korban meninggal dan sembuh dari penyakit baru tersebut.
Tak hanya itu, data secara global, panduan,  edukasi, dan rumah sakit rujukan bagi masyarakat yang diduga atau terinfeksi Covid-19 tersedia di website tersebut.

2. Chatbot Whatsapp Kemenkominfo
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menguji coba layanan chatbot informasi corona di WhatsApp dan pesan WhatsApp blast pada Jumat (20/3). Chatbot memungkinkan masyarakat memperoleh informasi virus corona (SARS-CoV-2) secara interaktif di WhatsApp

3. Situs Corona DKI Jakarta
Selain pusat, empat daerah juga membuat website mengenai Covid-19. Daerah yang pertama kali membuat adalah DKI Jakarta dengan website https://corona.jakarta.go.id.
Sama halnya dengan pusat, DKI juga menyajikan beragam informasi dan protokol bagi dinas terkait dalam menangani Covid-19. Khusus data, website yang dikelola anak buah Anies Baswedan itu menyajikan sebaran Covid-19 secara spesifik di DKI.

4. Website Corona Jabar
Selanjutnya, Pemprov Jawa Barat juga membuat website https://pikobar.jabarprov.go.id/ yang memuat data seperti DKI. Peta sebaran Covid-19 di Jabar juga tersedia di website tersebut.

5. Situs Corona Yogyakarta
Dua daerah lain yang membuat website serupa adalah Daerah Istimewa Yogyakarta  https://corona.jogjaprov.go.id

6. Website Corona Jawa Tengah
Jateng dengan website https://corona.jatengprov.go.id/.
Website menampilkan peta sebaran Covid-19 di daerahnya masing-masing dan menyediakan beragam panduan, edukasi, dan rumah sakit rujukan Covid-19.

7. Website Banten
Provinsi Banten juga ikut bergabung membuat situs informasi Covid-19 di wilayah mereka https://infocorona.bantenprov.go.id/

8. Website dan aplikasi kedokteran Unpad
Selain pemerintah, elemen masyarakat juga membuat website berisi informasi Covid-19. Fakultas Kedokteran Unpad diketahui mengembangkan Aplikasi MAwas diRI COVID-19 (AMARICOVID-19) untuk mengidentifikasi awal gejala sakit secara mandiri.
AMARICOVID-19 ini diklaim dapat digunakan oleh secara gratis bagi masyarakat yang hendak mendapatkan rekomendasi tindakan lanjutan terkait Covid-19. Aplikasi itu dapat digunakan secara daring melalui https://is.gd/AMARICOVID19.

9. Chatbot Whatsapp Corona UNICEF

Informasi mengenai virus corona SARS-COV-2 penyebab penyakit Covid-19 juga bisa diakses lewat perbincangan di Whatsapp.
Layanan milik United Nations Children’s Fund (UNICEF) ini bisa diakses ke Layanan U-Report dengan chat ke nomor 08119004567.
Layanan ini bisa memberikan informasi seputar SARS-COV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 oleh chat bot yang disediakan.

10. Website Corona Kota Bogor
Pemkot bogor telah menyiapkan situs khusus informasi dan peta sebaran corona di wilayahnya, https://www.covid19.kotabogor.go.id/

 

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200320084602-185-485196/rangkuman-situs-aplikasi-whatsapp-informasi-covid-19

Have your say